Hari ini Di Gelar Pertandingan Persebaya VS Timas Indonesia


Satu lagi laga sepak bola akan di gelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. Pertandingan sepak bola kali ini akan mempertemukan Persebaya dengan Timnas Indonesia. Timnas Indonesia akan menggelar ujicoba terakhir melawan Persebaya 1927 di Gelora Bung Tomo, Jumat 24 Februari 2012. Laga ujicoba itu dilakukan untuk persiapan melakoni laga terakhir Grup E zona Asia Pra Piala Dunia 2014 di kandang Bahrain, 29 Februari 2014.

Dalam laga nanti akan dijadikan pelatih Aji Santoso untuk mencari skuad terbaiknya setelah menjalani pemusatan latihan di Batu.

Menghadapi Persebaya 1927, Aji berharap kebugaran pemain jadi modal positif. Namun dengan mepetnya persiapan, bisa jadi fokus utama uji coba besok hanya untuk menerapkan organisasi permainan. Terutama, pemilihan pemain untuk lini tengah sebagai zona vital meredam tim yang punya keunggulan agresifitas seperti Bahrain. 

Faiz Farhan, Sekretaris Timnas, mengungkapkan ada 20 pemain dari 23 skuad yang bergabung untuk diturunkan besok. Termasuk Diego Michaels dan Syamsul Arif yang baru bergabung malam ini dari Jakarta. "Lima pemain yang di Jakarta dua diantaranya on the way ke Surabaya. Mereka ke Jakarta usai TC (pemusatan latihan) karena ada acara. Termasuk pelatih yang menghadiri launching majalah sepakbola,” terangnya.

Sesuai agenda yang dilontarkan Aji Santoso beberapa waktu lalu, uji coba lawan Persebaya 1927 juga jadi kesempatan terakhir pemilihan 18 pemain yang akan dibawa ke Bahrain. “Usai lawan Persebaya, pemain yang terpilih langsung terbang ke Bahrain. Berangkat lebih awal karena kita transit dua kali di Kuala Lumpur dan Abu Dhabi,” sebut Faiz.

Sementara kubu Persebaya yang diwakili asisten pelatih Ibnu Grahan, berharap ada pelajaran yang bisa dipetik menghadapi timnas. “Kalau mau jujur, saya hanya berharap hasil seri karena berhubungan dengan psikologis kedua tim yang sama-sama akan melakoni partai berat usai uji coba,” ujar dia.

Senada dengan harapan kubu timnas yang tidak menginginkan ada pemain cedera, Ibnu Grahan juga menyebut stok pemain Persebaya 1927 akan berkurang jika ada yang bermasalah di laga besok. “Enam pemain Persebaya 1927 dipanggil Timnas U-23 dan U-21. Hanya tersisa 21, satu diantaranya masih cedera. Praktis tinggal 20 pemain. Termasuk Sunaji dan Ahmad Sodiq yang belum terdaftar di PSSI,” beber Ibnu.

Dengan materi minim, Ibnu masih menjanjikan akan meladeni permainan cepat timnas. Pasalnya, taktik serupa juga akan dimainkan kala menjamu Arema Malang di GBT (3/3).

“Pelatih Divaldo Alves akan memberi kesempatan pemain yang jarang tampil di kompetisi untuk main besok. Termasuk memberi peluang pemain seleksi Korinus Fingkrew. Tujuannya, agar tidak ada gap jika banyak pilar yang absen. Terus terang saja, tiga pemain yang dipanggil timnas (Andik Vermansyah-Rendi Irawan-Taufiq) merupakan ruh Persebaya. Dan kami harus membiasakan jika mereka tidak bisa diturunkan,” bebernya.

Pemakaian GBT memang diharapkan mampu mendukung organisasi permainan kedua tim. Selain rumput lapangan yang bagus, stadion berkapasitas 60 ribu penonton itu akan menjadi kandang Persebaya 1927 lawan Arema. “Ini test case lawan Arema. Tapi tiket untuk laga uji coba besok hanya cetak 30 ribu lembar,” terang panpel usai manajer meeting kemarin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+