Memahami Property vs Real Estate


Sebagian diantara anda mungkin ada yang bertanya tanya, apa sih bedanya properti dengan real estate, kok ada yang pakai istilah properti ada juga yang pakai istilah real estate? Tenang, tidak usah bingung, sebentar akan saya jelaskan. Sebenarnya istilah real estate dan property, bahkan  terkadang ada yang menyebutnya dengan istilah real property memiliki satu arti yang sama.

Hanya saja pada masyarakat di Indonesia, sedikit terjadi pergeseran arti  sehingga sebagian  dari anda jika mendengar kata real estate, maka yang anda bayangkan dalam pikiran anda adalah sebuah komplek perumahan yang memiliki lingkungan yang tertata rapi, suatu kawasan perumahan yg luas dan indah, contohnya adalah kawasan komplek perumahan yang di kembangkan oleh grup developer besar seperti Sinar Mas dengan BSD City, Ciputra dengan Citraland Surabaya, Lippo dengan Lippo Karawaci, Bakrie dengan Bogor Nirwana Resort, dll.

Dan jika anda mendengar kata properti,  yang anda bayangkan dalam pikiran anda adalah sebuah   satu unit bangunan individual  atau komplek bangunan, misal sebuah satu unit rumah sehat sederhana – RSS seharga puluhan juta, sebuah  satu unit rumah tinggal menengah disebuah komplek perumahan dengan harga ratusan juta atau sebuah rumah mewah dengan halaman seluas ribuan meter dengan harga puluhan milyar rupiah, atau atau satu unit kios, satu unit  ruko 4 lantai, atau sebuah gedung perkantoran setinggi 48 lantai, atau sebuah komplek mall, trade center dan apartemen atau sebuah komplek resort hotel, dll. Sehingga properti dalam pengertian sebagian dari anda lebih diartikan pada suatu bangunannya itu sendiri dibanding tanahnya.

Kalau kita menelusuri ke sejarah dan asal katanya, maka pengertiannya adalah,:
REAL ESTATE berasal dari Bahasa Inggris, yang asal katanya berasal dari bahasa Spanyol. REAL = ROYAL = kerajaan. REAL ESTATE = adalah sebagai suatu kawasan tanah yang dikuasai oleh raja, bangsawan dan landlord (tuan tanah pada jaman feodal diabad pertengahan), atau singkatnya properti milik kerajaan. (lihat : “The Cash Flow Quadrant” by Robert T Kiyosaki halaman 146)
PROPERTI berasal dari kata aslinya dalam bahasa Inggris, yang arti sebenarnya adalah hak dan kepemilikan atas suatu tanah dan bangunan diatasnya. (lihat : “Kamus Inggris Indonesia” karangan John M. Echols atau lainnya)

Sangat jelas disini baik kata real estate maupun properti memiliki pengertian yang sama, yaitu hak kepemilikan atas tanah dan bangunan yang didirikan diatasnya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa real estate dan properti memiliki arti yang sama. Jadi mau menggunakan istilah real estate atau properti terserah anda, tapi kalau anda ke toko buku yang menjual koleksi buku berbahasa Inggris, maka buku buku properti yang ada semua memakai istilah real estate, bahkan para guru dan investor kelas dunia lebih popular menggunakan istilah real estate.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+